“Kerja keras dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan masih memerlukan sentuhan tangan yang professional, mumpuni serta ikhlas,
mengingat masih banyak tantangan yang menghadang terlebih dengan akan diimplementasikannya kurikulum baru yang lebih menitik beratkan pada pendidikan karakter, dalam rangka menciptakan pribadi peserta didik yang berbudi luhur, berakhlak mulia serta memiliki kadar intelektualitas, moralitas dan spiritualitas yang memadai “ kata Bupati dalam pembukaan Raker Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga ( selasa,18/6) bertempat di Hotel Eden 2 Kaliurang Jogjakarta.
Dalam pembangunan bidang pendidikan Kabupaten Magelang menetapkan tiga prioritas program yaitu Perluasan dan pemerataan akses pendidikan, Peningkatan Mutu pendidikan serta Pengembangan Manajemen sekolah dengan menerapkan prinsip Good Governance.
Program perluasan dan pemerataan akses pendidikan ditempuh dengan cara memperbanyak beasiswa bagi siswa kurang mampu, pendampingan bantuan operasional sekolah dalam rangka mewujutkan sekolah murah, pembangunan ruang kelas baru serta penyelenggaraan SMP Terbuka dan SD/SMP satu atap.
Sementara dalam rangka meningkatkan mutu pendidikanlangkah yang diambil adalah peningkatan sarana pendidikan seperti; rehabilitasi ruang , pemberian bantuan peralatan praktik, perpustakaan, laboratorium, fasilitasi sertifikasi guru dan pengawas dll.
Adapun Pengembangan managemen sekolah dilaksanakan melalui program penguatan kapasitas dan tata kelola kelembagaan satuan pendidikan, khusnya bagi kepala sekolah dan calon kepala sekolah serta pengawas dan tenaga kependidikan lainya.
Menurut PLt Kepala Disdikpora Kabupaten Magelang Drs.Eko Triyono, kegiatan ini berlangsung dari tanggal 18 s/d 20 juni, yang diikuti 332 orang yang terdiri dari Kepala UPTD,SD,SMO,SMA,SMK Penilik dan Pengawas sekolah se Kabupaten Magelang.
Raker kali ini dalam rangka mewujudkan pendidikan yang berkarakter, hal ini dimaksudkan untuk lebih mengaktualisasikan pendidikan karakter di sekolah, sehingga pendidikan karakter di sekolah tidak sekedar mengajarkan pengetahuan di kelas, tetapi lebih menekankan implementasi dalam kehidupan sehari hari.
*******pr.dok kend humprot 6/2013****